Ticker

6/recent/ticker-posts

CCTV Tidak Rekam Adanya Perusakan Barang Bukti ” Buku Merah “

Ketua KPK Agus Rahardjo menyebut pengawas internal sudah memeriksa kamera CCTV yang merekam dugaan perusakan barang bukti oleh 2 mantan penyidik KPK. Menurut Agus, dugaan perusakan barang bukti itu tidak terekam kamera CCTV.

“Itu peristiwanya sudah lebih 1 tahun, pengawas internal sudah memeriksa kamera, kamera memang terekam tapi secara … adanya penyobekan tidak terlihat di kamera itu,” ujar Agus di DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Agus menyebut sempat terjadi perdebatan saat itu berkaitan dengan sanksi bagi kedua mantan penyidik itu. Dalam waktu bersamaan, Agus menyebut ada penarikan kedua mantan penyidik itu dari Polri. Terlepas dari itu, Agus mengatakan akan ada pengecekan lagi.

“Coba nanti kita lihat, tapi sebetulnya kalau kita lihat ini kan mirip dengan itunya, pembuktiannya susah, Anda ingat nggak seperti peristiwa waktu Pak Nazaruddin itu ya dulu. Itu kan dulu kan ada catatan dari Yulianis juga kan. Ini siapa yang menerima ini, itu kan pembuktiannya susah, begitu orangnya ngomong, ‘Saya nggak nerima’, tidak ada bukti yang lain, apa yang mau kita pakai,” ucap Agus.

Isu perusakan barang bukti itu berkaitan dengan perkara Basuki Hariman yang dihukum menyuap mantan hakim konstitusi Patrialis Akbar. Sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan Jayamarta mengaku pernah menyelidiki perkara yang jugua terkait Basuki. Namun, menurut Adi, Basuki membantah apa yang tertulis dalam barang bukti itu.

“Itu kan tahun 2017 dan kita sudah melakukan proses penyelidikan dan penyidikan kepada Pak Basukinya langsung. Sumbernya dari mana? Pak Basuki. Kita tanya langsung ke Pak Basuki apakah dia benar pernah memberikan apa yang tercatat dalam buku merah. Jawaban Pak Basuki apa? Tidak pernah. That’s it. Selesai. Kalau sumbernya aja bilang tidak pernah, masa kita harus bilang ‘ada’,” ujar Adi.



from BERITA POLISI https://ift.tt/2CBTfAj
via Berita Polisi

Post a Comment

0 Comments