Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa itu Kontra Naratif Dan Pentingnya Kontra Narasi https://ift.tt/2P6mim5



Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam rangka meredam itu adalah dengan kontranarasi atau countering violent extremism (CVE).
“Kontranarasi ekstremisme brutal (CVE) adalah pendekatan untuk menangkal narasi kekerasan yang disebarluaskan kelompok-kelompok ekstremis (teroris),” terang Nanang dalam sesi kedua Workshop dan Pelatihan Menulis Ektremisme dan Psikologi Kekerasan, Yogyakarta, Jumat (24/11/2017).
“Kontranarasi harus mampu melakukan pemisahan: menerapkan perubahan perilaku yang membuat keterlibatan seseorang dalam aktivitas ekstremis brutal jadi berkurang. Juga harus mengupayakan pengalihan: sebuah langkah mencegah mereka atau individu-individu yang rentan jadi pengikutnya.”
Selain itu, kontranarasi juga diandaikan harus mampu membatasi dampak. Ancaman ekstremisme brutal harus diisolasi, meminimalisasi dampaknya terhadap individu. Pun harus mengupayakan pengurangan daya tarik individu terhadap kelompok tersebut serta mencegah berkembangnya narasi teroris secara berkelanjutan.
Seturut pada misi Indeks, tentu upaya ini tak lain untuk mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang demokratis, dalam arti memerdekakan masyarakat dari kondisi-kondisi kekerasan. Misi inilah hendak diwujudkan Nanang bersama rekan-rekannya di Indeks dengan berpijak pada nilai-nilai kebebasan, kesetaraan, solidaritas, baik dalam kerangka politik, ekonomi, juga budaya.
“Gak tahu seberapa efektif. Ini (CVE) sebetulnya relatif baru karena pendekatan kontraterorisme sebelumnya banyak dikritik. Tapi, upaya ini bisa dibilang cukup menjanjikan sebagai pendekatan antisipasi.”


from Mohammad Khoirul Amin https://ift.tt/2P6mim5
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments