Sejarah Kampung Menteng http://ift.tt/2gPoXxm - Bukan Polisi Biasa

Breaking

Bukan Polisi Biasa

Bukan Polisi Biasa

Facebook

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, October 18, 2017

Sejarah Kampung Menteng http://ift.tt/2gPoXxm

Menteng merupakan kawasan permukiman elit di Jakarta , yang sekaligus sebagai salah satu wilayah kecamatan di Ibu Kota.

Kawasan ini sejak dahulu hingga kini menjadi tempat bermukim kalangan pejuang, keluarga pahlawan, pejabat tinggi pemerintah.
Kecamatan Menteng berbatasan dengan Kecamatan Gambir di sebelah utara, Kecamatan Tanah Abang di barat, Kecamatan Matraman di timur dan Kecamatan Setiabudi di sebelah selatan.
Dijelaskan dalam sejarahnya bahwa Menteng tidak dapat dipisahkan dari sejarah Batavia. Sebab, awalnya Menteng adalah satu daerah yang diberikan kepada Daeng Menteng dari Bugis.
Menteng pada abad ke-17 merupakan daerah di selatan Batavia dan merupakan daerah yang kurang dikenal dan masih dihuni oleh binatang buas.
Daerah Menteng adalah hutan yang banyak ditumbuhi pohon buah-buahan. Karena banyak pohon buah Menteng (baccaurea racemosa ) yang tumbuh di daerah tersebut. Sehingga masyarakat menyebutnya daerah Menteng.
Wilayah tersebut sejak 1810 mulai dibuka oleh Gubernur Jendral Daendels untuk dijadikan sebagai daerah pengembangan kota Batavia.
Selanjutnya, pada 1912 tanah yang ada di sekitar daerah Menteng dibeli oleh pemerintah Belanda, kemudian dijadikan perumahan pegawai pemerintah Hindia Belanda.
Dalam perkembangannya Menteng dipertegas lagi dengan membagi-bagi nama Menteng, menjadi nama kampung yang lebih kecil di dalam kampung besar dan luas itu adalah Menteng Atas, Menteng Dalam, dan Menteng Pulo.
Hingga saat ini Menteng tetap menjadi ikon terpenting kota Jakarta, bahkan juga dalam kancah perpolitikan nasional, lantaran banyak peristiwa politik ditentukan dari situ
SB : Jakartaraya


from Mohammad Khoirul Amin http://ift.tt/2gPoXxm
via IFTTT

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here